Apa Saja Tips Mengatur Keuangan Keluarga? Ini Jawabannya

Moms pasti tahu kan kalau setelah jadi Ibu pasti selalu ada tantangan yang kita hadapi. Moms mungkin harus serba bisa untuk mengurus rumah tangga dan tentunya mengatur keuangan keluarga agar kebutuhan seluruh anggota terpenuhi. Karenanya Moms perlu tahu apa aja tips mengatur keuangan keluarga.

Penghasilan yang besar pun bila tidak diatur akan selalu kurang, Moms. Karenanya kita simak yuk tips mengatur keuangan keluarga berikut ini:

  1. Membuat anggaran bulanan

Membuat anggaran penting banget dan nggak boleh kelewat, Moms. Moms bisa seegera memperhitungkan pengeluaran yang rutin setiap bulan dan bisa memantau kalau-kalau ada pengeluaran yang tak terduga.

  1. Membuat dana darurat

Dana darurat apalagi di masa pandemi kayak sekarang sangat penting, Moms. Soalnya kita nggak tahu apa yang bakal terjadi ke depannya seperti pendapatan perusahaan yang merosot sehingga harus merumahkan Moms atau Dads. Karenanya alangkah baiknya kalau kita mempersiapkan dana darurat berupa cadangan pengeluaran untuk kebutuhan primer seluruh keluarga. Dana tersebut bisa Moms gunakan saat Moms dan Dads merencanakan sumber pendapatan lainnya.

  1. Hindari hutang

Sebelumnya kita harus bedakan hutang konsumtif dan hutang produktif. Hutang produktif adalah hutang yang digunakan untuk membeli aset yang nilainya bisa naik atau menambah penghasilan. Misal Moms dan Dads berhutang karena sedang kredit sepeda motor motor yang dipakai buat bekerja.

Sedangkan hutang konsumtif adalah hutang yang digunakan untuk membeli barang yang digunakan dan nilainya akan turun jika dijual lagi dan biasanya bunganya akan memberatkan. Misal Moms masih punya handphone yang masih bisa dipakai terus Moms pingin ganti handphone brand tertentu dengan alasan lebih gaya. Wah, jangan sampai yaa Moms.

  1. Membatasi jajan di luar

Siapa Moms yang suka jajan di luar? Sesekali kita jajan tentu tidak apa-apa, Moms. Namun pengeluaran jajan yang sedikit-sedikit itu bisa lama-lama menjadi bukit, lho. Karenanya batasi anggaran untuk jajan di luar yaa. Jika Moms mau mengajak Si Kecil jalan ke luar sebentar, alangkah baiknya buat membawa bekal.

  1. Kejar diskon

Moms pasti tahu kalau mall atau e-commerce sering mengadakan diskon di waktu menjelang gajian atau menjelang akhir bulan? Moms bisa berburu diskon untuk mendapatkan harga termurah.

Agar tidak ketinggalan informasi diskon dari Dialogue Baby, jangan lupa untuk follow Instagram kita ya! Karena akan ada banyak diskon untuk setiap perlengkapan Si Kecil.

  1. Pilih barang yang multifungsi dan awet

Tips mengatur keuangan keluarga selanjutnya buat Moms hemat adalah memilih barang yang multifungsi. Satu barang yang memiliki beberapa fungsi agar Moms tidak perlu membeli barang lainnya. Seperti Dialogue Baby yang selalu punya beberapa fungsi di setiap produknya. Misal Sofa Bayi 6 Planet Series yang bisa Moms gunakan sedari Moms hamil, Si Kecil lahir, dan Si Kecil belajar duduk.

tips mengatur keuangan keluargaMoms, semoga informasi ini bermanfaat dan membuat Moms lebih lancar dalam mengatur keuangan keluarga. Semangat, Moms!

Artikel Terbaru