Dampak Buruk Kebiasaan Bayi Makan Sambil Nonton Gadget

https://www.freepik.com/free-photo/front-view-little-boy-using-phone_5631022.htm#query=bayi%20makan%20sambil%20main%20smarthphone&position=0&from_view=search&track=ais&uuid=773ee868-b745-4b89-b6ed-efb3f8901853

Buat Moms melihat Si Kecil makan dengan lahap adalah kebahagiaan tersendiri. Karena dengan begitu, Moms jadi tahu tumbuh kembangnya telah optimal. Tapi sebaliknya gerakan tutup mulut (GTM) Si Kecil kadang membuat Moms resah. Akhirnya membiarkan bayi makan sambil nonton gadget pun ikut jadi pilihan agar Si Kecil mau makan.

Baca Juga : SI Kecil Masih Ngompol di kasur? Ini Solusinya!

Tapi memang tak dipungkiri bahwa gadget menjadi bagian dari gaya hidup di zaman yang sudah modern seperti sekarang. Dengan itu sebagai Moms yang baik harus lebih memperhatikan dampak apa saja yang akan Si Kecil dapat.

Karena ada banyak dampak buruk yang bisa terjadi kalau Moms membiarkan kebiasaan bayi makan sambil nonton gadget, lho!

Dampak buruk kebiasaan bayi makan sambil nonton gadget

  • Makan melebihi porsi dan obesitas

Tahukah Moms? Kalau anak yang makan sambil menonton gadget umumnya tidak akan memperhatikan apa yang tersaji di piring. Atau mungkin tidak memperhatikan berapa banyak makanan yang sudah ia makan. Akibatnya tentu membuat Si Kecil makan lebih banyak bahkan memicu obesitas.

  • Gangguan makan

Moms mungkin ingin menghindari GTM (gerakan tutup mulut) pada Si Kecil dengan memberinya gadget selagi makan. Tapi tahukah Moms? Bahwa saat menyantap makanan, otak bisa terganggu. Otak akan mengirimkan sinyal yang salah ke tubuh sehingga tidak dapat memproses rasa atau kepuasan indera perasa. Sehingga anak yang mengalami gangguan makan  bahkan dapat memperparah GTM.

  • Kebiasaan makan yang tidak sehat

Anak – anak akan cenderung mengembangkan kebiasaan makan yang tak sehat saat menonton film atau kartun kesukaan di gadget. Pada kemudian hari, Si Kecil bisa terbiasa makan makanan ringan yang tak sehat sambil menonton gadget. Kebiasaan inilah yang menjadi perilaku makan yang buruk karena Si Kecil tak memiliki kontrol terhadap makanan yang ia makan.

  • Metabolisme lebih rendah

Menonton gadget sambil makan dapat menurunkan laju metabolism sehingga menyebabkan lemak yang terbakar dan makanan yang dicerna menjadi lambat. Si Kecil yang sejak bayi makan sambil nonton gadget punya kemungkinan besar punya metabolisme yang rendah.

  • Gangguan pencernaan

Makan sambil menonton gadget rupanya dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Saat Si Kecil yang masih bayi makan ia akan lebih fokus pada tontonanya. Si Kecil tidak mengunyah makananya dengan baik, sehingga ia tidak dapat memproses berapa banyak dan apa yang ia makan. Akibatnya Si Kecil akan makan dengan berlebihan dan menyebabkan masalah pencernaan.

Baca Juga : Dampak Broken Home Bagi Si Kecil

Ternyata ada banyak masalah yang dapat terjadi bila bayi makan sambil nonton gadget lho, Moms. Perlahan kita kurangi yuk agar tak menjadi kebiasaan yang mengganggu kebiasaan Si Kecil. –MR

Artikel Terbaru