Jangan Sembarangan, Moms! Inilah Tips Aman Menjemur Bayi

Image by Freepik

Kebanyakan orang tua kerap menjemur bayi dengan tujuan agar Si Kecil sehat dan kuat. Moms pasti ingin memberikan yang terbaik untuk Si Kecil dari segi segala hal terutama kesehatan.

Menjemur Si Kecil dipercaya membantu memperkuat tulang Si Kecil, meningkatkan produksi setorosin, dan mencegah Si Kecil terkena penyakit kuning. Pernyataan tersebut memang benar karena cahaya matahari dapat merangsang tubuh Si Kecil untuk menghasilkan vitamin D.

Baca Juga : Rayakan Malam Tahun Baru Di Rumah Bareng Si Kecil

Moms harus ingat bahwa menjemur Si Kecil tidak boleh sembarangan, karena dapat membahayakan Si Kecil. Menjemur sembarangan bisa saja menimbulkan efek negatif dan penyakit lain pada Si Kecil misalnya iritasi kulit atau bahkan lebih parah lagi.

Inilah cara aman menjemur bayi

Moms berikut adalah cara aman yang dapat Moms lakukan agar mendapat manfaat sinar matahari tanpa membahayakan Si Kecil.

  • Waktu menjemur bayi

Perhatikan waktu berjemur Si Kecil dengan cermat agar manfaat berjemur terasa dan tidak menimbulkan bahaya lainnya. Moms bisa menjemur Si Kecil selama 10-15 menit per-harinya. Jika di pagi hari Moms bisa menjemur Si Kecil sebelum pukul 10 sedangkan jika di sore hari dianjurkan menjemur Si Kecil di atas pukul 4 sore. Meskipun begitu ingat ya Moms lihat juga kondisi cuaca apakah memadai untuk menjemur Si Kecil atau tidak dan jangan terlalu sering menjemur Si Kecil.

  • Tetap gunakan pakaian

Moms sering keliru dalam menjemur Si Kecil dengan membuatnya tidak menggunakan sehelai benang apapun. Moms mengira dengan tanpa menggunakan pakaian manfaat menjemur akan lebih terasa dan maksimal. Namun hal tersebut sebetulnya malah membahayakan Si Kecil karena kulit Si Kecil yang terpapar sinar matahari langsung dapat terbakar dan iritasi.

Oleh sebab itu sebaiknya gunakan pakaian lengkap saat Si Kecil di jemur atau Moms bisa menjemur Si Kecil di dalam rumah dengan cahaya matahari yang terpancar dari kaca rumah.

  • Gunakan penutup mata

Moms jangan lupa memakaikan penutup mata atau kacamata berjemur bayi untuk Si Kecil. Menggunakan penutup mata bertujuan agar mata Si Kecil tetap aman dari pancaran sinar matahari yang dapat membahayakan penglihatannya.

  • Hindari Polusi udara

Pastikan Moms menjemur Si Kecil di tempat yang jauh dari polusi udara. Agar Si Kecil tidak mengalami gangguan pernafasan karena debu dan polusi udara lainya saat ia dijemur.

  • Perhatikan sensitivitas kulit Si Kecil

Pada umumnya bayi memiliki kulit yang sensitif maka dari itu Moms harus memperhatikan hal tersebut. Kulit Si Kecil bisa saja sensitif terhadap panas sinar matahari atau debu, bahkan tabir surya yang ia gunakan setelah Si Kecil berusia di atas 6 bulan.

  • Jangan jemur bayi prematur

Jika Si Kecil lahir prematur, Moms sebaiknya tidak menjemurnya, karena bayi yang lahir prematur belum bisa menyesuaikan diri dengan suhu hangat. Bayi yang lahir prematur cenderung membutuhkan suhu yang stabil agar ia tetap aman dan nyaman.

Baca Juga : Dampak Buruk Kebiasaan Bayi Makan Sambil Nonton Gadget

Menjemur Si Kecil harus sangat hati-hati. Moms harus banyak mencari informasi-informasi sederhana untuk keselamatan dan kenyamanan SI Kecil. Namun Moms jika sudah terjadi hal seperti iritasi kulit karena sinar matahari sebaiknya Moms langsung periksakan Si Kecil ke dokter ya.

Oke Moms semoga informasi di atas bermanfaat ya dan Si kecil selalu sehat! Tunggu informasi-informasi selanjutnya dari kami ya Moms. -WD

Artikel Terbaru