Belum Tau Cara Merawat Bayi Baru Lahir? Yuk Moms Disimak Ya

Image by Freepik

Menjadi orang tua untuk pertama kalinya memang cukup sulit, apalagi bagi Moms yang harus siap sigap merawat bayi baru lahir. Tentunya belum banyak wawasan dan pengalaman yang Moms miliki dalam merawat bayi newborn.

Namun jangan khawatir ya Moms karena dengan keberadaan Dads di samping Moms tentunya akan sangat membantu Moms merawat Si Kecil. Meskipun belum banyak yang Moms ketahui Moms pasti bisa merawat Si Kecil dengan baik.

Baca Juga : Jangan Sembarangan, Moms! Inilah Tips Aman Menjemur Bayi

Asalkan Moms selalu riset dan mencari tahu segala hal tentang Si Kecil. Dari mulai kesehatannya, asupan makanannya, dan cara merawatnya dengan baik dan benar. Di sini kami akan memberikan informasi yang mungkin akan bermanfaat bagi Moms dalam merawat Si Kecil newborn.

Tips Merawat Bayi Baru Lahir :

  • Lakukan IMD (inisiasi menyusui dini) atau skin to skin

Melakukan IMD saat si kecil baru lahir akan merangsang Si Kecil dan membuatnya nyaman. Selain itu IMD atau skin to skin juga dapat mengurangi trauma dan rasa sakit yang dialami Moms pasca melahirkan.

  • Rawat dan jaga tali pusarnya

Rawat tali pusar Si Kecil dengan baik ya Moms bersihkan secara berkala dan hindari penggunaan alkohol. Atau Moms bisa mencari tau lebih lanjut cara merawat tali pusar bayi pada dokter. Jaga tali pusar Si kecil jangan sampai mengalami iritasi atau gangguan lainya.

  • Selalu diperhatikan kebersihanya

Menjaga kebersihan sangatlah penting apalagi pada bayi baru lahir yang pada dasarnya masih sangat sensitif. Jangan sampai Si Kecil tidak nyaman karena Moms kurang memperhatikan kebersihannya.

  • Perhatikan proses menyusu dan kekuatan Si Kecil saat menyusu

Hal ini dilakukan agar mengetahui berapa banyak asupan nutrisi pada Si Kecil. Dan melihat nafsu menyusu pada Si Kecil. Jika Si Kecil kurang kuat menyusu Moms bisa langsung konsultasi ke dokter jangan sampai Si Kecil kekurangan nutrisi.

  • Selalu pantau tumbuh kembang Si Kecil

Selain posyandu Moms juga harus memperhatikan tumbuh kembang Si Kecil sendiri. Moms harus memperhatikan naik turun berat badanya dan juga tinggi badannya.

  • Pahami pola tidur SI Kecil

Memahami pola tidur Si Kecil akan membantu Moms memahami keinginan Si Kecil dan kebiasan-kebiasaan Si Kecil misal saat ia BAK, BAB, bahkan saat Si Kecil lapar. Bahkan Moms dapat membiasakan atau menyesuaikan jadwal rutinitas Si Kecil setiap harinya.

  • Memandikan Si Kecil dengan benar

Selain memandikan dengan benar tentunya Moms juga harus memandikan Si Kecil dengan hati hati. Jika Moms belum bisa Moms dapat meminta bantuan kepada orang yang sudah berpengalam.

  • Ajak Si Kecil berjemur

Menjemur Si Kecil boleh Moms lakukan karena memang memiliki banyak manfaat baik bagi Si Kecil. Namun Moms juga harus memperhatikan cara menjemur bayi yang baik dan benar agar Si Kecil tetap aman.

  • Perhatikan pakaian yang digunakan Si Kecil

Berikan Si Kecil pakaian yang lembut dan nyaman, jangan gunakan pakaian yang terlalu ketat atau pas di tubuh Si Kecil. Pilih bahan pakaian seperti kain katun atau linen.

  • Perhatikan BAB dan BAK SI Kecil 

Perhatikan BAB dan BAK Si Kecil. Jika ada yang tidak wajar Moms bisa langsung konsultasi dengan dokter. Moms juga harus memperhatikan waktu-waktu Si Kecil BAB dan BAK agar Moms selalu sigap mengganti pakaian Si Kecil secara berkala.

Sedikit informasi di atas adalah mengenai cara merawat Si Kecil baru lahir semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan Moms dalam merawat Si Kecil. Semangat terus ya Moms gali informasi dan pengalaman lebih banyak lagi untuk SI Kecil.

Baca Juga : Rayakan Malam Tahun Baru Di Rumah Bareng Si Kecil

Menjadi ibu adalah impian setiap wanita, alangkah bahagianya kan Moms saat mendengar tangisan pertama Si Kecil. Oleh karena itu jaga dan rawat dengan baik Si Kecil ya Moms berikan yang maksimal untunya. -WD

Artikel Terbaru