Roti Gandum? Makanan Untuk Ibu Menyusui?

Image by Freepik

Meski tinggal di Indonesia terlebih di Pulau Jawa, kebiasaan makan nasi kadang tersaingi dengan kebiasaan makan roti. Moms mungkin sudah sangat akrab dengan roti tawar memakai meses. Roti juga baik buat makanan ibu menyusui, lho!

Roti adalah salah satu makanan pokok yang terbuat dari adonan tepung. Namun makanan ibu menyusui yang akan kita bicarakan adalah roti yang terbuat dari gandum! Roti gandum kaya akan gizi khususnya asam folat. Yakni salah satu jenis vitamin B yang berguna untuk memperlancar ASI.

Baca Juga : Memijat Kaki Si Kecil? Apa manfaatnya?

Asam folat pada roti gandung berguna agar Si Kecil juga tumbuh dan berkembang dengan sehat. Selain untuk Si Kecil, asam folat yang Moms konsumsi juga bermanfaat buat memenuhi asam folat buat Si Kecil.

Selain menjadi makanan untuk ibu menyusui, roti gandum punya manfaat lainnya!

Manfaat Konsumsi roti gandum

  • Menyehatkan usus

Roti yang terbuat dari 100% gandum utuh akan mengandung banyak sekali serat. Gandum pada roti akan meningkatkan kualitas pergerakan usus. Yakni dengan melunakkan tinja sehingga memperlancar BAB loh Moms.

Sebuah penelitian memaparkan bahwa konsumsi serat yang baik adalah mengonsumsi makanan padat dan bukan mengonsumsi obat pencahar. Konsumsi serat yang baik adalah sekitar 38 gram tiap hari untuk laki-laki dan 25 gram untuk wanita.

  • Mengurangi risiko penyakit jantung

Moms mungkin pernah mendengar bahwa gandum utuh dapat menjauhkan Moms dari penyakit jantung. Dan terbukti lho! Sebuah studi memaparkan bahwa gandum murni dapat mengurangi risiko seseorang mengalami penyakit jantung koroner.

Risiko terkena penyakit jantung koroner juga akan menurun apabila seseorang tersebut mengonsumsi gandum murni sebanyak 3 kali dalma sehari.

Mitos soal roti

Namun bukan berarti Moms yang baru melahirkan tidak boleh mengonsumsi roti dari tepung. Karena sesungguhnya tak ada pantangan khusus bagi Moms yang baru melahirkan untuk mengonsumsi roti.

Moms yang baru melahirkan dan menyusui boleh mengonsumsi semua makanan. Namun beberapa jenis roti seperti roti croissant, roti mentega, dan roti kemasan lainnya biasanya mengandung lemak trans yang tinggi.

Baca Juga : Atasi Gerah Dengan Mudah Saat Hamil

Konsumsi roti dengan lemak trans tinggi dapat mengingkatkan kadar kolestrol dlaam tubuh. Tentunya kadar kolestrol yang tinggi tidak baik bagi Moms karena dapat meningkatkan risiko penyakit.

Penyakit yang menjadi akibat dari kadar kolestrol tinggi adalah serangan jantung, stroke (sumbatan di pembuluh darah otak), dan juga sumbatan di pembuluh darah kaki. Jadi pastikan buat bijaksana dalam konsumsi roti untuk makanan ibu menyusui ya, Moms! Moms bisa mengganti roti yang biasa Moms konsumsi dengan roti gandum untuk memperbaiki pola hidup serta memperlancar ASI buat Si Kecil! –MR

Artikel Terbaru