Pentingnya Manfaat Tummy Time Buat Si Kecil

manfaat tummy time

Momen menyenangkan bareng Si Kecil bisa lewat aktivitas bermain, Moms. Dan salah satu permainan seru yang bermanfaat buat Si Kecil adalah tummy time. Manfaat tummy time bukan hanya menguatkan otot Si Kecil tapi juga menjalin bonding lewat komunikasi yang intens bersamanya.

Tummy time adalah latihan tengkurap yang sebaiknya rutin Si Kecil lakukan. Tak ada ketentuan usia berapa Si Kecil bisa melakukan aktivitas tummy time. Tapi American Academy of Pediatrics merekomendasikan tummy time bisa Si Kecil lakukan beberapa hati setelah bayi lahir dan tidak ditunda, ya.

Manfaat Aktivitas Tummy Time

Saat Si Kecil melakukan aktivitas tummy time, ia akan belajar dengan mencoba mengangkat kepalanya dan melihat ke atas. Hal tersebut bermanfaat buat membantu perkembangan ototnya, Moms. Manfaat tummy time adalah membantunya mengembangkan otot leher, dada, bahu, dan lengan. Ia juga dapat melatih keseimabgan tubuh untuk dapat berguling, merangkak, duduk, serta berjalan.

Ada juga manfaat tummy time lainnya, Moms. Manfaat tersebut adalah:

  • Meningkatkan keterampilan motorik kasar
  • Mencegah kepala bayi peyang
  • Mengurangi perut kembung
  • Mengembangkan keterampilan mengontrol kepala

Tips Melakukan Tummy Time

Melakukan tummy time tidak memerlukan banyak hal dan tidak sulit dilakukan. Yang harus Moms lakukan adalah menemukan waktu yang tepat. Moms bisa mengajak Si Kecil melakukan tummy time saat ia sudah berganti popok, saat setelah mandi, atau bangun dari tidur siang.

Jangan ajak ia melakukan tummy time setelah Si Kecil menyusu yaaa, Moms. Sebab bagian perut Si Kecil bisa tertekan sehingga menyebabkannya muntah. Tips melakukan tumme time lainnya adalah:

  1. Lakukan di tempat datar seperti kasur, lantai, atau bisa juga di badan Moms. Usahakan tempat yang lembut, bersih, dan luas agar Si Kecil leluasa bergerak.
  2. Sebelum melakukan aktivitas tummy time, bersihkan terlebih dahulu tempat Si Kecil melakukan tummy time agar Si Kecil merasa nyaman.
  3. Ajak Si Kecil berinteraksi dengan berbicara, bercanda, bermain, atau melihat-lihat gambar dari buku
  4. Moms juga letakkan cermin di depan Si Kecil agar Si Kecil dapat melihat bayangannya.
  5. Lakukan aktivitas tummy time selama 3 menit sebanyak 2-3 kali dalam sehari. Seiring dengan perkembangannya, waktu tummy time Si Kecil ketika memasuki 4 bulan bisa diperpanjang hingga total 20-30 menit sehari.

Saat Si Kecil melakukan tummy time pertama kali, ia bisa menolak melakukannya dan rewel. Tapi tetap lakukan ya, Moms, setidak-tdaiknya 1-2 menit setiap sesi. Perlahan-lahan Si Kecil akan terbiasa dan menyukai aktivitas ini.

Tahapan Tumbuh Kembang Si Kecil Saat Tummy Time

Di usia 3-4 bulan, umumnya bayi sudah bisa mengangkat dada saat tengkurap. Ia juga dapat metangga dirinya dengan siku serta menendang-nendangkan kakinya. Di usia ini, Si Kecil mungkin akan terguling dengan tidak sengaja lalu kemudian berbaring telentang. Tapi Moms tidak usah khawatir yaa.

Di usia 5-6 bulan, lengan, bahu, dan punggung Si Kecil akan jauh lebih kuat. Pada usia ini, Si Kecil mulai dapat menggeser badan dengan perutnya dan berusaha bergerak ke depan atau ke samping. Awasi Si Kecil selalu ketika melakukan tummy time ya, Moms.

Agar aktivitas tummy time Si Kecil makin bermanfaat, Moms bisa pakai Kasur Bayi + Playmat dan Kelambu Tenda Baby Foxie Series, lho! Bentuk kasurnya datar serta tendanya yang mirip tenda untuk camping menjadikan Kasur Bayi Baby Foxie Series adalah pilihan yang tepat buat aktivitas bermain dan juga tummy time.

Moms bisa mendapatkannya di toko-toko perlengkapan bayi terdekat atau Official Store Dialogue Baby yang ada di e-commerce kesayangan Moms!

Artikel Terbaru