Jangan Panik Saat Si Kecil Menangis, Ini Cara Menenangkannya

Ketika menjadi orangtua buat yang pertama, tangis Si Kecil kadang membuat kita panik dan bingung. Tapi tahukah Dibbies sebenarnya Si Kecil sedang berkomunikasi ketika menangis? 

Menangis merupakan cara bayi berkomunikasi untuk menyampaikan rasa tidak nyaman atau bahkan saat ia membutuhkan sesuatu. Karenanya Si Kecil bisa jadi menangis dengan sebab yang bermacam – macam. 

Baca Juga: Berat Badan Ideal Si Kecil Sejak Dalam Kandungan

Penyebab Si Kecil menangis

Frekuensi bayi menangis akan memuncak dalam 7 minggu pertama setelah ia lahir. Jangan dulu panik dan kita kenali terlebih dahulu hal yang membuat Si Kecil menangis. Beberapa alasan Si Kecil menangis bisa jadi karena: 

  • Lapar
  • Popoknya penuh atau basah
  • Kelelahan
  • Merasa takut
  • Tubuhnya kedinginan atau kepanasan
  • Kolik

Selain itu, Si Kecil yang sedang cegukan bisa jadi lebih rewel.

Tips cara menenangkan bayi menangis 

1. Menggendong Si Kecil dalam posisi telungkup 

Saat Si Kecil berada di dalam rahim, sebagian besar waktunya meringkuk. Karenanya menggendong Si Kecil dalam posisi telungkup bisa membuat Si Kecil lebih nyaman. Dibbies bisa meminta arahan dari dokter anak Si Kecil untuk melakukannya agar Si Kecil tetap aman. 

Posisi telungkup ini juga baiknya tak lakukan jika Si Kecil tak menangis terus menerus. Saat kondisinya tenang, posisikan Si Kecil dengan menggendong secara telentang ya! 

2. Menyelimut Si Kecil dengan kain

Menyelimuti tubuh Si Kecil dengan kain juga kita sebut dengan bedong. Membedong si Kecil merupakan cara yang efektif untuk menenangkan Si Kecil. Cara ini juga dipercaya dapat memberikan efek yang seakan – akan bayi sedang ada dalam rahim ibunya. 

Membedong Si Kecil juga dapat menekan refleks kejut yang sering kali Si Kecil alam ketika tidur. 

3. Memutar suara yang menenangkan

Suara yang menenangkan atau white noise seperti suara tetesan air dapat membuat Si Kecil merasa tenang. Dibbies bisa menggunakan beragam aplikasi yang memutar white noise untuk mengiringi Si Kecil tidur. 

4. Memijat Si Kecil

Mengusap punggung serta memberikan pijatan lembut pada Si Kecil dapat merangsang otak dan sarat Si Kecil sehingga ia merasa lebih nyaman dan juga tenang. Pijatan Si Kecil juga baik untuk mengurangi rasa nyeri yang ia rasakan. 

5. Memberi dot pada Si Kecil 

Mengisap dot atau jari merupakan salah satu relaksasi yang baik buat bayi. Namun pastikan jadi pilihan terakhir saatsudah mencoba beberapa cara di atas. Memberikan dot memang membuatnya tenang namun Si Kecil bisa menjadi ketergantungan dengan dot. Selain itu ketergantungan pada dot juga dapat menyebabkan masalah pada mulut dan gigi akibat tidak rutin membersihkan atau mengganti dot. 

Cara menenetap usahakan agar tetap tenang dan juga tak panik saat menenangkan Si Kecil. Dibbies bisa menggunakan perlengkapan bayi seperti bedong dan juga gendongan dari Dialogue Baby untuk menanangkan Si Kecil. 

Baca Juga: Adzan Buat Anak Sejak Baru Lahir

Dapatkan perlengkapan Si Kecil dengan kualitas terbaik dari Dialogue Baby di Official Store Dialogue Baby yang ada di marketplace kesayangan Dibbies. Atau kunjungi toko – toko perlengkapan bayi yang ada di kota Dibbies, ya! –MR 

Artikel Terbaru