Cara Aman Terus Menyusui Di Masa Pandemi

menyusui di masa pandemi

Menyusui di masa pandemi tentu jadi tantangan tersendiri buat Moms. Pasalnya nggak hanya was-was dengan virus tapi juga was-was jika Si Kecil tertular. Apalagi para ahli memprediksi akan adanya perlonjakan kasus di Indonesia tahun 2022 dengan mutasi virus Covid-19 yaitu Omicron.

Padahal air susu ibu (ASI) merupakan kebutuhan ekslusif bayi selama enam bulan pertama kehidupannya. Dengan ASI, Si Kecil bisa melengkapi kebutuhan nutrisinya serta memberinya perlindungan terhadap berbagai macam penyakit.

Namun Moms yang dicurigai dan terinfeksi Covid-19 meski dalam masa karatina tetap dianjurkan untuk memberikan ASI buat Si Kecil. Karena belum ada bukti kuat mengenai penularan Covid-19 lewat ASI kepada bayi. Dan apa aja langkah buat Moms tetap menjaga keamana Si Kecil selama menyusu di masa pandemi?

  1. Selalu cuci tangan dan membersihkan alat

Alat yang dimaksud adalah alat yang Moms gunakan buat menyusui Si Kecil, ya. Ingat selalu untuk cuci tangan sebelum bersentuhan dengan Si Kecil, peralatan pompa, dan juga peralatan minum bayi. Ikuti juga petunjuk cara membersihkan peralatan pompa dan minum Si Kecil.

Dan sebenarnya Moms enggak perlu memberishkan kulit payudara secara teratur sebelum menyusui atau perah ASI. Meski begitu jika Moms merasa telah batuk dan mengenai kulit payudara, Moms bisa segera mandi dan memberishkan area kulit payudara dengan sabun dan air mengalir selama 20 detiks sebelum menyusui.

  1. Menggunakan masker ketika menyusui

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Moms bisa menyusui Si Kecil dan menggunakan masker wajah. Saat Moms membuka, masker ingat untuk menghindari memegang wajah di bagian depan yaaa.

  1. Rutin membersihkan rumah

Kebersihan lingkungan sekitar Moms dan Si Kecil juga penting dijaga. Bersihkan permukaan perabotan rumah tangga, terutama yang sering disentuh seperti kenop pintu. Moms juga bisa membersihkan perabotan menggunakan desinfektan. Tapi teliti dulu agar desinfektan enggak merusak barang, Moms.

  1. Cari donor ASI

Apabila Moms khawatir terinfeksi Covid-19 dan harus dalam perawatan terpisah dengan Si Kecil, segera cari informasi terkait donor ASI atau orang sehat yang dapat memberikan ASI perah kepada Si Kecil.

Pendonor ASI juga harus menjalankan protokol kesehatan yang ketat, Moms.

  1. Konsultasikan dengan dokter

Jika Moms masih ragu, Moms bisa segera berkonsultasi dengan tenaga profesional yang dapat membimbing Moms untuk menyusui selama masa pandemi. Moms juga harus segera berkonsultasi dengan dokter bila mengalami gejala Covid-19 seperti demam, sakit kepala, batuk, pilek, sakit tenggorokan, atau hilang indera perasa dan penciuman.

Pilih juga fasilitas kesehatan laktasi dan dokter yang menjalankan protokol kesehatan dengan ketat.

Menurut dr. Ratih Ayu Wulandari dalam salah satu IG Live bersama Dialogue Baby mengatakan bahwa pandemi justru jadi saat yang tepat buat Moms terus menyusui Si Kecil. Agar ASI terus lancar karena terstimulasi dan menjaga imunitas Si Kecil juga.

Moms bisa saksikan IGTV dari IG Live bersama dr. Ratih Ayu Wulandari di SINI.

Semangat terus untuk menyusui Si Kecil di masa pandemi ya! –MR

Artikel Terbaru