tips-menjemur-si-kecil
Bayi, Ibu

Moms, Jangan Bingung! Ini Yang Mesti Dilakukan Saat Menjemur Si Kecil

Saat pandemi berlangsung, anjuran untuk sering-sering berjemur semakin gencar ya Moms untuk mencegah Covid-19. Meski tidak dalam masa pencegahan Covid-19 pun, pasti Moms sering dengar untuk menjemur bayi di pagi hari. Sinar matahari pagi dinilai punya banyak manfaat untuk kesehatan. Cahaya dari ultraviolet pada cahaya matahari dapat merangsang pembuatan vitamin D dalam tubuh. Vitamin D inilah yang akan bermanfaat untuk membentuk tulang dan gigi, membantu penyerapan kalsium, dan mengatur sistem kekebalan tubuh–khususnya untuk Si Kecil yang masih bayi. Lalu apa saja tips menjemur bayi?

tips-menjemur-bayi
Namun kulit Si Kecil masih begitu tipis dan sensitif. Salah-salah bukannya Si Kecil sehat malah kulitnya bermasalah karena terbakar setelah terlalu lama berjemur. Apa saja sih Moms yang harus dilakukan saat menjemur Si Kecil? Simak tips menjemur bayi berikut ini yuk!

1. Jangan Menjemur Si Kecil Tanpa Pakaian

Pemahaman bahwa vitamin D akan segera terbentuk optimal di permukaan kulit yang luas tak bisa terterap pada Si Kecil yang masih bayi. Sebaliknya, Si Kecil tetap harus memakai pakaian agar kulitnya terhindar dari paparan sinar matahari langsung.

2. Pakaikan sunblock pada Si Kecil

Sunblock atau tabir surya dapat dipakaikan kepada Si Kecil yang sudah berusia 6 bulan ya, Moms. Kadar SPFnya pun terbatas pada SPF 15 untuk menghalau dampak buruk dari sinar matahari dan mesti menggunakan sunblock khusus anak.

3. Memakaikan Si Kecil Topi

Penggunaan topi bertujuan agar sinar matahari tak langsung mengenai kepala, bagian wajah, dan mata dari Si Kecil. Selain kulitnya yang masih sensitif, paparan dari sinar matahari ke mata Si Kecil langsung dapat membahayakan retinanya.

4. Perhatikan Durasi Menjemur pada Si Kecil

Durasi menjemur Si Kecil dapat dilakukan selama 10-15 menit saja dalam sehari. Baiknya dilakukan sebelum jam 10 pagi agar sinar matahari masih memiliki efek baik karena kadar ultravioletnya belum tinggi.

Moms pernah dengar mitos menjemur bayi dapat menyembuhkan Si Kecil dari penyakit kuning? Tidak sepenuhnya benar ya Moms. Sebagian bayi yang sakit kuning tidak membutuhkan perawatan khusus dan berangsur membaik beberapa hari setelahnya. Namun dalam beberapa kasus, jika warna kuning tidak segera hilang akan sangat dianjurkan untuk pergi ke dokter.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *