tips-bayi-cegukan
Bayi, Ibu, Kehamilan

Tips Redakan Cegukan Si Kecil

Cegukan atau bunyi “ceguk” dari kerongkongan tak hanya dialami orang dewasa, tapi Si Kecil sejak bayi juga. Bahkan faktanya bayi telah mengalami cegukan sejak dalam rahim. Cegukan ini wajar dialami dan Moms enggak perlu panik karena sebenarnya cegukan pada bayi tidak berbahaya.

Menurut penelitian, cegukan dinilai bermanfaat buat pertumbuhan Si Kecil. Studi dari UCL-Ied menemukan bahwa setiap kali bayi baru lahir cegukan akan menstimulasi gelombang sinyal otak yang bisa membantu bayi mengatur pernapasannya.

Jika Moms khawatir karena Si Kecil cegukan dan membuatnya tidak nyaman, simak tips atas cegukan bayi

Apa Penyebab Cegukan pada Bayi?

Moms pasti tahu rasanya cegukan. Alias enggak nyaman, deh. Makanya kalau Si Kecil cegukan suka ingin menghentikan cegukannya. Faktanya, bayi cegukan itu wajar Moms.

Cegukan secara medis dijelaskan dengan kontraksi otot diafragma tiba-tiba dengan otot interkonstal yang diikuti dengan penutupan laring sehingga terdengar bunyi “ceguk”. Cegukan mengganggu untuk orang dewasa namun Si Kecil yang masih bayi biasanya tidak terpengaruh dengan cegukan. Bahkan banyak juga bayi yang tidur sambil cegukan.

Tips Meredakan Cegukan Si Kecil

Berikut tips dan cara yang dapat Moms coba untuk meredakan cegukan Si Kecil:

  1. Beri ASI dan sendawakan Si Kecil

Sama seperti waktu Moms cegukan dan minum, Si Kecil yang sedang cegukan juga bisa diberi ASI waktu ia cegukan. Gerakan menyusui dapat membantu diafragma Si Kecil rileks dan menghentikan cegukannya. Setelah Si Kecil selesai menyusui, biarkan ia bersendawa untuk memberi ruang udara yang terjebak dalam perutnya.

  1. Atur posisi Si Kecil

Setelah Si Kecil menyusui dan bersendawa, atur posisi Si Kecil ya Moms. Posisikan tubuhnya dalam kondisi tegak berdiri. Bisa juga dilakukan dengan posisi menggendong. Tepuk bagian belakang Si Kecil lembut untuk membantu gas pada perutnya naik.

  1. Berikan sesuatu untuk diisap

Bisa diberikan dot, empeng, atau puting ibu. Gerakan mulut saat Si Kecil menghisap ini akan merangsang sendawa dan mengeluarkan gas dalam perutnya.

  1. Menggendong bayi di tempat yang hangat

Kalau sedang berjalan-jalan atau baru saja menyalakan AC, Moms bisa membawa bayi ke tempat yang lebih hangat ya, Moms. Hindari ruangan ber-AC atau suhu yang rendah saat ia cegukan. Perubahan temperatur ke suhu rendah bisa saja menyebabkan Si Kecil cegukan.

Tips Mencegah Cegukan

Kalau Moms cenderung panik saat Si Kecil cegukan, bisa lakukan beberapa tips berikut:

  1. Mengetahui saat yang tepat

Saat hendak menyusui Si Kecil atau memberinya makan, berikan saat Si Kecil tidak menangis. Hal ini dilakukan agar udara tidak masuk bersamaan dengan makanan ke perut Si Kecil.

  1. Hindari gerakan tertentu

Setelah Si Kecil menyusui, hindari aktivitas seperti menggendong dengan gerakan memantul-mantul ke atas dan ke bawah.

  1. Posisikan tegak setelah makan

Posisikan Si Kecil tetap tegak selama 20 hingga 20 menit setelah makan atau menyusui.

Intinya adalah mencegah adanya benda asing seperti makanan bahkan udara sekalipun yang tak seharusnya masuk ke saluran pernapasan ya, Moms. Menggendong dengan posisi berdiri pun mesti mempehatikan usia perkembangan bayi. Jika Si Kecil masih berumur 2 bulan, sebaiknya lebih berhati-hati dan baru dapat dilakukan saat Si Kecil sudah dapat menopang lehernya sendiri.

Segera konsultasikan dengan dokter bila Moms mendapati Si Kecil cegukan terus menerus hingga hitungan hari. Karena bisa jadi cegukannya adalah penyakit serius.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *