tips melepas masker yang benar
Ayah, Balita, Ibu

Empat Tips Melepas Masker Yang Baik dan Benar Saat Pandemi

Memasuki masa new normal yang kini sudah berganti menjadi adaptasi kebiasaan baru (AKB), memakai masker sudah menjadi gaya hidup Moms dan Dads bahkan Si Kecil yang sudah berusia lebih dari 2 tahun saat keluar rumah. Masker memang dinilai efektif menekan laju persebaran virus Covid-19. Namun pemakaian masker pun harus benar agar kita tidak tertular melaluiĀ  Simak lebih lanjut untuk mengetahui tips melepas masker dengan benar.

Bisa jadi cara melepas masker tidak benar. Korban tertular dari masker yang tidak dipakai dan dilepas dengan benar. Sangat penting untuk Moms dan Dads tahu cara mengenakan dan melepas masker dengan benar. Apalagi bila Moms dan Dads memiliki mobilitas tinggi akibat tuntutan pekerjaan.

Pastikan Selalu Cuci Tangan

Tips melepas masker yang benar adalah dengan selalu mencuci tangan saat hendak memegang masker. Baik Moms, Dads, bahkan Si Kecil ketika diharuskan bepergian wajib mencuci tangan dengan air bersih mengalir dan sabun sebelum memakai masker. Tangan yang menyentuh masker pun diperkenankan hanya bagian tali masker saja.

Masker harus menutup bagian mulut, hidung, dan dagu. Hal ini dikondisikan agar ketika Moms dan Dads bahkan Si Kecil bersin, droplet tidak menyebar. Meski tidak merasa sakit, ada baiknya untuk kita saling menjaga.

Jangan Asal Saat Melepas Masker

Ketika berada di tempat makan atau restoran sangat susah nih untuk tidak melepas masker. Tapi menurut Duta Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dr Reisa Broto Asmoro, ada triknya. Ketika hendak melepas masker, kita diwajibkan untuk mencuci tangan. Sama seperti ketika hendak memakai, hanya pegang bagian tali masker ya!

Menyediakan Tempat Khusus Masker

Maksudnya ketika harus makan di restoran ya, Moms. Menurut dr Reisa, masker tersebut sebaiknya diletakkan di tempat khusus atau wadah penyimpanan sementara. Wadah tersebut pun harus tertutup sehingga tidak terkontaminasi udara dari luar.

Moms bisa membawa pouch dan tempat penyimpanan dari rumah ketika bepergian. Masker yang telah disimpan di wadah penyimpanan tadi kemudian bisa dipakai namun tidak lupa mencuci tangan sebelum memakai kembali.

Mengomunikasikan Cara Penggunaan Masker Yang Benar pada Si Kecil

Meski Si Kecil cenderung risih saat memakai masker, bagaimana pun memakai masker di masa pandemi adalah langkah yang efektif dalam menekan laju penyebaran virus Covid-19. Karenanya penting untuk Moms dan Dads mengajarkan Si Kecil untuk selelu berhati-hati ketika harus bepergian bersama Si Kecil.

Namun penggunaan masker ini hanya dianjurkan untuk Si Kecil yang berumur mulai 2 tahun. Sebuah kelompok medis di Jepang mencesak orangtua untuk tidak menggunakan masker ke anak0anak mereka yang masih di bawah 2 tahun. Penggunaan masker kepada Si Kecil yang masih berusia dibawah dua tahun dapat membahayakan karena akan membuat mereka sulit bernafas dan meningkatkan resiko tersedak.

Asosisasi Pediatrik Jepang (JPA), dilansir dalam Kontan, memperingatkan bahwa masker bersiko terlalu tinggi untuk bayi. Pasalnya masker bisa membuat Si Kecil sulit bernafas karena saluran udara yang sempit dan meningkatkan beban di hati mereka.

 

Selalu berhati-hati ketika bepergian bersama Si Kecil ya, Moms!

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *