cara mencuci gendongan
Balita, Bayi, Ibu

Tips Cara Mencuci Gendongan Si Kecil

Dewasa ini, gendongan sudah jadi barang yang harus ada dalam daftar perlengkapan bayi. Karenanya gendongan yang dulunya sederhana kini ada banyak jenisnya. Jenis-jenis gendongan tersebut bisa baby sling, baby wrap, soft structured carrier (atau yang Moms kenal dengan SSC), serta hipseat. Kebanyakan merk gendongan bayi memiliki bahan yang seperti pakaian untuk menjaga kenyamanan penggendong dan bayi. Tapi bagaimana cara merawat dan mencuci gendongan? Simak artikel ini lebih lanjut yuk!

Apakah aman untuk mencuci gendongan?

Jawabannya tentu aman, Moms. Apalagi untuk gendongan yang punya bahan berkualitas premium seperti Dialogue Baby. Namun penting buat Moms ketahui cara menjaga dan merawat keawetan dari gendongan dengan cara berikut:

  • Jangan Mencuci Terlalu Sering Mencuci Gendongan

Hal yang utama adalah menjaganya ketika kondisinya masih baru. Ketika terdapat noda atau kotoran di bagian tertentu, Moms bisa bersihkan bagian kotornya saja tanpa mencuci seluruh bagian gendongan.

  • Mencuci Dengan Tangan Lebih Baik

Mencuci dengan tangan memungkinkan Moms mencuci dengan lembut sehingga tak akan merusak gendongan.

Bagaimana cara mencuci gendongan yang baik dan benar?

  1. Gunakan deterjen khusus bayi

Kondisi kulit Si Kecil yang bayi tentu akan berbeda dengan kulit Moms yang sudah dewasa. Deterjen khusus bayi umumnya bebas dari bahan aditif serta tidak mengandung pewangi sintetis.

  1. Tak perlu direndam

Sebelum Moms mencuci, tak perlu direndam dahulu seperti saat akan mencuci pakaian agar tetap bersih dan tidak bau saat kering nanti.

  1. Mencuci dengan lembut

Moms tetap bisa mencuci dengan mesin cuci. Namun jangan mencampur gendongan dengan baju kotor lainnya. Selain itu, gunakan juga mode “soft” saat mencuci dengan mesin cuci ya Moms.

  1. Tidak perlu menggunakan pewangi

Bahan pewangi mengandung zat kimia yang dikhawatirkan akan beresiko untuk kesehatan kulit bayi. Karena kulit Si Kecil masih sensitif maka tak perlu menambah pewangi. Deterjen bayi pun umunya mengandung pelembut yang aman untuk serat bahan gendongan.

  1. Jemur di tempat yang teduh

Sinar matahari dapat memudarkan warna dari gendongan. Karenanya jemur di tempat yang panas namun tidak terkena sinar matahari langsung ya, Moms.

 

Nah, mudah kan Moms mencuci gendongan Si Kecil? Memiliki gendongan adalah investasi untuk tumbuh kembang Si Kecil. Karena ada banyak manfaat dari menggendong. Karenanya merawat kebersihan gendongan penting banget buat Moms lakukan agar gendongan Moms tetap awet sehingga Si Kecil dapat tumbuh dan berkembang dengan baik!

2 thoughts on “Tips Cara Mencuci Gendongan Si Kecil

  1. Intan delima berkata:

    Kalo dikeringkan pakai pengering mesin cuci boleh tidak yah.?

    1. Dialogue Baby berkata:

      Halo Moms 🙂 disarankan agar dikeringkan secara manual ya agar tidak cepat merusak gendongan❤️

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *