perkembangan bayi duduk
Uncategorized

Kapan Ya Si Kecil Duduk Untuk Pertama Kali?

Perkembangan bayi yang sangat penting ini kadang membuat Moms bingung. Salah satunya adalah saat ia duduk pertama kali. Mungkin Moms berpikir seperti, di usia berapa Si Kecil bisa duduk sendiri? Apa ciri-ciri saat Si Kecil belajar duduk?

Setelah Si Kecil lahir, ada tanda atau milestone saat Si Kecil bertumbuh dan berkembang seperti tengkurap, duduk, merangkak, berdiri, dan berjalan. Semua kemampuannya akan jadi kenangan indah ketika Si Kecil melakukannya yang pertama kali.

Biasanya bayi mulai belajar duduk di usianya yang ke 4 atau 5 bulan, Kemudian di usianya yang ke 6-8 bulan Si Kecil sudah bisa duduk sendiri. Dan di usia yang 9 bulan perkembangan bayi sudah mampu duduk dengan lincah.

Bagi Si Kecil, duduk jadi mengasyikan karena ia mempelajari dunia yang baru dan akan menjelajahi hal baru. Lalu apa saja ciri Si Kecil siap belajar duduk?

Tanda Si Kecil Mau Belajar Duduk

Si Kecil yang sudah siap duduk mesti sudah bisa menopang kepalanya dan mengontrol pergerakan kepalanya dengan baik. Gerakan tubuh lainnya juga mesti seimbang saat Si Kecil akan belajar duduk.

Perkembangan bayi saat ia akan duduk adalah cenderung mendorong diri ke atas ketika mereka berbaring telungkup. Saat Si Kecil belajar duduk, ototnya di punggung, perut, leher, dan kakinya akan berkembang sampai Si kecil dapat cukup kuat untuk duduk sendiri.

Dan saat Si Kecil lagi penasaran-penasarannya pingin duduk, tetap support dengan menempatkannya pada posisi tegak terlebih dahulu agar ia tidak terjatuh. Di usianya yang menginjak 7 hingga 9 bulan, Si Kecil baru bisa duduk sendiri tanpa dibantu. Bersamaan dengan kemampuan bergerak bolak-balik bersiap untuk merangkak.

Yang Harus Moms Lakukan Saat Si Kecil Belajar Duduk

Ketika melakukan hal yang pertama kali, kesulitan adalah hal yang wajar. Karenanya Moms mesti sabar mendampinginya belajar duduk. Latihan akan membuat kekuatan Si Kecil bertambah sampai ia bisa duduk sendiri.

Dari sudut pandang Si Kecil, tubuhnya butuh perubahan berat badan yang terkontrol. Artinya butuh banyak kekuatan dan latihan buat Si Kecil dapat melakukannya dengan benar. Lantas apa yang harus Moms lakukan ya?

  1. Latihan lagi, latihan terus

Beri Si Kecil waktu untuk latihan terus, Moms. Biarkan dia mengeksplorasi dan bereksperimen dengan gerakan tubuhnya sendiri. Saat ia siap, Moms pasti tahu kok.

  1. Bermain bersamanya di lantai

Setidaknya sebanyak 2 sampai 3 kali, taruh Si Kecil di lantai biar dia melatih dirinya sendiri untuk duduk. Lengkapi dengan mainan yang sesuai usianya agar ia tidak bosan.

  1. Pangku Si Kecil

Posisikan Si Kecil berada di pangkuan Moms atau Dads. Yakni di antara kaki kita saat bermain di lantai. Stimulasi dengan permainan yang memerlukan banyak gerakan. Saat Si Kecil bisa sedikit lebih mandiri, coba letakkan bantal di sekeliling anak saat Moms mengawasi mereka berlatih. Moms bisa menggunakan bantal menyusui Dialogue Baby untuk menopang tubuhnya yang digunakan waktu ia masih usia awal.

perkembangan bayi duduk

Setiap bayi memiliki fase tumbuh kembang yang berbeda-beda. Ada yang perkembangannya cenderung cepat, ada juga yang butuh waktu lebih lama. Wajar kok Moms. Jangan membandingkannya dengan anak-anak lain apalagi mendengar komentar orang lain, ya. Let’s grow with love!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *