perkembangan-bayi-9-bulan-pertama
Uncategorized

Perkembangan Bayi Di Awal 9 Bulan Yang Harus Moms Ketahui

Kehadiran Si Kecil pasti menjadi kebahagiaan buat Moms dan Dads. Perkembangan bayi setelah dilahirkan bisa meningkat sangat cepat. Di awal 3 bulan hidupnya, perkembangan bayi di masa ini menjadi penting karena sistem kekebalan tubuh dan organ pencernaan Si Kecil sedang berkembang.

Si Kecil akan beradaptasi dengan lingkungan sekeliling karena ia telah berada di dalam rahim Moms selama kurang lebih 9 bulan. Karenanya perkembangan bayi pada usia 0-3 bulan adalah saatnya untuk Si Kecil mengenal dunia. Dan di usia 4-6 bulan perkembangan bayi meningkat pada perkembangan motoriknya. Moms dan Dads akan menyaksikannya tegak menopang kepalanya, berguling, bahkan berbalik.

Simak yuk perkembangan Si Kecil di bulan-bulan setelah lahir!

perkembangan-bayi-awal-9-bulan

Processed with VSCO with e5 preset

Perkembangan Bayi Baru Lahir

Pada minggu pertama, Si Kecil bakal terlihat keriput wajahnya. Selain itu, bagian wajah seperti mata dan bibirnya akan terlihat bengkak. Hal ini normal karena Si Kecil melewati jalan lahir yang sempit waktu dilahirkan. Akan beda kondisinya bila Si Kecil dilahirkan secara sesar ya, Moms. Keriput di kulitnya terjadi karena selama berada dalam rahim Moms, Si Kecil ‘berendam’ dalam air ketuban, daging, dan lemak di bawah lapisan kulit yang belum terisi.

Si Kecil juga belum memiliki pendengaran yang sempurna tapi bisa mengenali suara Moms. Perkembangan bayi ada pada kemampuan gerak seperti menggenggam. Menggenggam merupakan refleks bawaan atau primitif. Selain menggenggam, refleksnya yang lain adalah menghisap atau menyusui dan mencari puting. Makanya meski baru dilahirkan, Si Kecil diposisikan tengkurap di atas dada Moms dan bisa mencari puting sendiri.

Perkembangan Bayi Usia 1 Bulan

Dalam bulan pertamanya di dunia, Si Kecil akan banyak tidur. Moms pasti banyak kangen. Hihi. Hal ini dikarenakan Si Kecil belum bisa membedakan siang dan malam. Bisa saja Moms dan Dads bergantian menjaga Si Kecil di malam hari.

Di usia bulan pertama juga pigmen mata yang memberi mata pada Si Kecil belum berkembang. Warnanya bahkan bisa berubah pada minggu-minggu selanjutnya. Si Kecil pun hanya bisa melihat Moms sebentar dan akan lebih tertarik untuk melihat objek yang lebih cerah.

Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Di usia yang ke dua bulan, perkembangan bayi meningkat pada perkembangan pengelihatannya. Ia bisa mengenali wajah Moms dan Dads. Seneng ya diliatin Si Kecil lama-lama!

Perkembangan refleksnya pun akan meningkat dengan lebih aktif meraih benda di sekitarnya. Moms bisa memberinya mainan stimulasi seperti mainan yang digantung di atas boks bayi untuk coba Si Kecil raih. Dalam usia ini pula Si Kecil mulai menghisap jempol.

Si Kecil juga bisa mengangkat kepalanya meski dalam waktu yang singkat.

Perkembangan Bayi Usia 3 Bulan

Perkembangannya akan lebih meningkat di usia tiga bulan. Si Kecil bisa mengangkat kepalanya dan menahannya lebih stabil. Si Kecil juga bisa mengenali wajah dan suara Moms serta merespon sekeliling dengan tersenyum dan tertawa. Sering-sering ajak Si Kecil bicara yuk!

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan

Si Kecil akan bercelotek satu patah atau dua patah kata seperti “ma-ma” atau “ba-ba”. Pasti lucu banget! Kata-kata pertama ini biasanya yang ditunggu-tunggu Moms dan Dads, nih. Selain itu, ketika Si Kecil diposisikan berdiri, ia bisa menjejakkan kaki meski belum bisa berdiri sempurna.

Perkembangan Bayi Usia 5 Bulan

Pada usianya yang kelima bulan, perkembagannya meningkat pada kemampuan motorik. Si Kecil bakal berguling dari telentang ke tengkurap serta sebaliknya. Si Kecil juga sudah bisa duduk bahkan tanpa ditopang. Namun tak dalam waktu yang lama Moms, hanya beberapa saat saja.

Perkembangan Bayi Usia 6 Bulan

Di usia yang enam bulan, Si Kecil bisa meniru suara. Ia juga bisa duduk meski tanpa ditopang. Moms juga bisa memperkenalkannya pada Makanan Pendamping ASI. Moms bisa membuat jadwal agar kebutuhan nutrisinya seimbang.

Perkembangan Bayi Hingga Usia 9 Bulan

Di bulan ketujuh Si Kecil, ia akan merangkak dan menggerakkan perutnya. Si Kecil bisa meniru suara kata serta meraih sebuah benda. Makanya bakal terdengar kata-kata dengan pengucapan yang lucu dari mulut mungilnya!

Bulan kesembilan, Moms dan Dads bakal stok sabar yang banyak. Pasalnya Si Kecil bakal banyak penasaran dan meraih benda. Ia juga suka menjatuhkan dan melempar objek-objek. Selalu waspada, ya!

perkembangan-bayi-9-bulan-pertama

Nah bagaimana Si Kecil sekarang? Apakah berbeda? Perlu diingat bahwa setiap bayi diberkati dengan fase-fasenya masing-masing. Bila Moms bingung, Moms bisa membicarakannya dengan dokter! Grow with love.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *