Lakukan Tips Ini Untuk Meningkatkan Imunitas Si Kecil, Moms!

meningkatkan imunitas bayi

Cara menghindarkan Si Kecil yang masih bayi dari berbagai virus dan kuman yang membuatnya sakit adalah dengan meningkatkan imunitas bayi.  Karena sistem imunitas bayi belum sempurna dan sekuat orang dewasa, Moms harus intervensi dengan memperkuat imunitas Si Kecil.

Si Kecil pun belum mengerti tentang pentingnya kebersihan sekitar atau membedakan mana tempat yang bersih dan tempat yang kotor. Perlahan tapi pasti, sistem imun SI Kecil akan dapat melawan seangkaian kuman dan virus hingga ia benar-benar kebal terhadap virus dan kuman.

Mungkin Moms bertanya-tanya nih, kenapa Si Kecil selalu sakit? Sebenarnya banyak dokter telah mempertimbangkan bahwa normal apabila Si Kecil jatuh sakit, yakni sampai delapan kali terkena pilek, flu, atau infeksi telinga. Namun tentu saja keadaan ini bikin Moms panik!

Cara Moms meningkatkan imunitas bayi agar ia tidak mudah sakit adalah:

  1. Meningkatan imunitas bayi dengan kebutuhan nutrisi

ASI merupakan kebutuhan utama Si Kecil utamanya saat ia masih baru lahir. ASI mengandung antibodi yang dapat meningkatkan imunitas bayi. Karenanya sangat disarankan buat memberi Si Kecil ASI ekslusif selama 6 bulan.

Saat usianya memasuki 6 bulan barulah Moms dapat memberinya makanan pendamping ASI atau MPASI. Berikan Si Kecil makanan dengan perpaduan sayur dan buah yang baik untuk menunjang kebutuhan nutrisinya. Moms bisa memberikan sayu dan buah yang mengandung fitonureian yang dapat meningkatakn sistem kekebalan tubuh karena dapat memperbanyak produksi sel darah putih dan interferon untuk melawan infeksi bakteri dan juga virus.

  1. Jaga dan pantau waktu tidur Si Kecil

Tidur saat Si Kecil masih bayi merupakan kebutuhan yang sama pentingnya dengan ASI, Moms. Saat ia masih bayi, waktu tidur yang ia butuhkan adalah 12 hingga 13 jam. Karenanya pastikan Si Kecil dapat tidur yang cukup sesuai usia dan tidur yang berkualitas.

  1. Ajak Si Kecil berolahraga

Moms pasti tahu dong kalau berolahraga sangat bermanfaat buat meningkatkan imunitas. Selain dapat menghasilkan hormon endorfin dalam tubuh yang membuat mood jadi bagus, olahraga juga dapat menggerakkan otot dan melatih pernapasan. Enggak perlu yang susah kok, Moms. Moms bisa ajak ia berolahraga seperti jalan kaki atau jogging bersama!

  1. Rutin periksakan Si Kecil ke dokter

Meski Si Kecil tampak sehat, Moms butuh pandangan ahli saat hendak memastikan kesehatan tubuh Si Kecil. Dengan berdiskusi dengan dokter spesialis anak, Moms dapat mengetahui bila terjadi gejala penyakit tertentu.

  1. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar

Ajak Si Kecil untuk selalu menjaga kebersihan sekitarnya, ya. Misalnya mengajaknya rajin mencuci tangan saat hendak memasukkan tangan ke mulut atau menggosok mata. Pastikan juga mainan serta hewan peliharan selalu terjaga kebersihannya ya, Moms!

 

Demikian beberapa cara yang dapat Moms lakukan dalam meningkatkan imunitas bayi. Tak ada salahnya untuk pergi ke dokter dan bertanya apabila Moms masih ragu. Sehat selalu yaa, Moms! –MR

Artikel Terbaru