Makanan Penuh Nutrisi Yang Harus Ada Dalam Menu Sahur Sehat Bumil

Moms udah tahu belum kalau ibu hamil sebenarnya boleh berpuasa. Asalkan kondisi Moms serta Si Kecil dalam janin dalam keadaan sehat. Jangan lupa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan Moms ya sebelum berpuasa! Selain kondisi yang sehat, hal yang perlu Moms perhatikan adalah nutrisi yang harus Moms konsumsi saat puasa. Penting buat Moms tahu apa saja menu sahur sehat bumil yang akan kita bahas kali ini.

Tips menu sehat untuk ibu hamil

  • Nasi merah

Sebagai orang Indonesia khususnya di Pulau Jawa, Moms pasti tak bisa jauh dari nasi. Moms yang sedang hamil bisa mengganti nasi putih pada menu sahur dengan nasi merah. Dibandingkan dengan nasi putih, nasi merah memiliki lebih banyak serat dan indeks glikemik yang rendah. Sehingga mengonsumsi nasi merah tak akan membuat berat badan melonjak dengan drastis juga tak mudah lapar karena tak terjadi penyerapan gula yang begitu cepat.

Beras merah termasuk dalam golongan biji utuh yang dapat membantu memenuhi kebutuhan kalori yang meningkat saat hamil. Beras merah merupakan karbohidrat kompleks yang dapat membuat Moms lebih buat selama berpuasa seharian penuh.

  • Sayuran

Sayur jadi menu sahur yang tak boleh lewat, khususnya buat Moms yang sedang hamil dan ingin berpuasa. Brokoli dan sayuran berdaun hijau sangat baik buat Moms konsumsi karena mengandung kalsium dan juga folat yang baik untuk pertumbuhan tulang juga perkembangan otak janin.

Brokoli juga mengandung serat dan antioksidan yang berguna buat menangkal radikal bebas. Selain itu, sayuran brokoli juga mengandung vitamin C untuk membantu tubuh Moms menyerap zat besi.

Selain brokoli, bayam juga punya kadar folat dan zat besi yang cukup tinggi. Baik brokoli ataupun bayam sangat baik untuk perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Selain baik buat Si Kecil, kandungan serat dalam sayuran juga dapat membantu mencegah sembelit yang biasa terjadi pada Moms saat hamil.

  • Telur

Telur menjadi salah satu sumber protein hewani yang sangat baik buat menu sahur Moms yang sedang hamil karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain asam amino, telur juga mengandung kalori, protein, dan juga lemak berkualitas tinggi.

Telur juga mengandung kolin yang bagus untuk perkembangan otak Si Kecil dalam kandungan juga baik buat kesehatan Moms. Sebab asupan kolin yang rendah selama masa kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat tabung saraf yang dapat menyebabkan penurunan fungsi otak.

Telur ayam bisa Moms masak dengan cara mudah seperti dadar atau memasukkannya ke sayuran cincang sebagai tambahan nutrisi.

  • Daging tanpa lemak

Saat Moms sedang hamil, tubuh Moms membutuhkan zat besi untuk dapat menunjang perkembangan Si Kecil dalam kandungan. Zat besi juga Moms butuhkan untuk pembagian oksigen dalam tubuh.

Moms yang sedang hamil membutuhkan lebih banyak zat besi juga karena volume darah dalam tubuh meningkat dari biasanya. Hal ini pula yang menjelaskan kenapa Moms yang sedang hamil sering lelah. Bisa saja karena Moms kekurangan zat besi, lho! Zat besi bisa Moms dapatkan dari daging tanpa lemak karena mudah diserap oleh tubuh.

  • Buah-buahan

Pastinya buah-buahan tak bisa luput dari menu sehat sahur ibu hamil. Moms bisa mengonsumsi makanan yang mudah Moms temukan seperti pisang. Pisang dapat memberikan energi tambahan saat puasa karena tinggi akan kandungan kalium.

Selain pisang, jeruk juga bisa jadi menu Moms saat berpuasa. Jeruk kaya akan vitamin C yang membantu menjaga kekebalan tubuh juga mengandung folat dan serat. Kandungan air dalam jeruk yang mencapai 90% juga dapat membantu memenuhi kebutuhan cairan yang dapat mencegah Moms dehidrasi karena berpuasa.

Alpukat juga baik buat Moms yang sedang hamil untuk konsumsi. Karena mengandung serat, folat, vitamin K, kalium, tembaga, vitamin E, dan juga vitamin C. Kalium pada alpukat juga dapat meredakan kram kaki yang biasa Moms rasakan ketika hamil.

Menu sahur sehat bumil yang telah disebutkan merupakan kandungan nutrisi yang harus Moms perhatikan. Agar puasa lancar dan tumbuh kembang Si Kecil juga kesehatan Moms terus terjaga. Semangat menunaikan ibadah puasa ya, Moms! –MR 

Artikel Terbaru