menyapih bayi
Bayi, Ibu

Kapan Waktu Menyapih Bayi Yang Tepat?

Menyapih atau menghentikan bayi menyusu serta proses bertahap untuk mengenalkan sumber makanan lain selain ASI bisa jadi tantangan buat Moms. Meski faktanya Si Kecil bakal ingin berhenti menyusui secara alami dalam tahap pertumbuhannya.

Waktu yang tepat untuk menyapih Si Kecil

Moms sudah tahu kapan waktu yang tepat untuk mulai menyapih? Sebenarnya menentukan waktu yang tepat merupakan pilihan Moms masing-masing. Namun, disarankan untuk bayi mendapat ASI ekslusif selama 6 bulan. Setelah Si Kecil berusia enam bulan, barulah ia mendapat tambahan nutrisi di samping ASI.

Tanda Si Kecil sudah bisa disapih

Jika Moms bingung menentukan waktu yang tepat, Moms bisa melihat tanda-tanda pada Si Kecil seperti:

  • Si Kecil sudah dapat menegakkan kepala dalam waktu yang lama
  • Sudah dapat membuka mulut dan tertarik saat melihat orang lain makan
  • Koordinasi mata, mulut, serta tangannya bekerja dengan baik sehingga dapat mengambil makanan dan memasukkannya ke dalam mulut
  • Berat badannya sudah mencapai dua kali lipat saat ia lahir

Namun ada juga keadaan di mana Moms mungkin mau menunda menyapih bayi seperti:

  • Si Kecil sedang tumbuh gigi karena membuat menyapih menjadi semakin sulit
  • Si Kecil beresiko mengalami alergi saat makan MPASI
  • Jika Moms dan keluarga sedang mengalami perubahan besar seperti pindah rumah atau bepergian dalam jangka waktu yang panjang karena beresiko akan membuat Si Kecil stres.

Ini dia tips menyapih Si Kecil

Cara memulai menyapih dapat disesuaikan dengan kondisi Si Kecil dan Moms, kok. Simak tips dan panduan umum untuk menyapih Si Kecil berikut ini:

  1. Mulai dengan perlahan

Moms bisa mengurangi frekuensi menyusui ASI Si Kecil perlahan-lahan. Pengurangan ini akan bermanfaat buat Moms menghindari resiko payudara bengkak dan nyeri.

  1. Ganti pemberian ASI dengan botol atau cangkir

Saat mengganti pemberian ASI dengan cangkir, tetap ikuti jadwal yang sama selama seminggu. Pada minggu berikutnya, Moms bisa menambahkan waktu saat Moms memberikan susu melalui botol dan kurangi pemberian ASI secara langsung.

  1. Coba tidurkan Si Kecil tanpa disusui secara bertahap

Ajari Si Kecil dengan kebiasaan sebelum tidur seperti membaca buku atau mendengarkan musik. Buat Si Kecil merasa nyaman dengan tetap memeluk dan membelainya hingga tertidur.

  1. Jangan menawarkan tapi jangan menolak

Artinya apabila Si Kecil lapar jangan tawarkan ASI tapi bila ia bersikeras jangan segera menolak juga. Kurangnya metode ini adalah membutuhkan waktu yang lebih lama daripada metode lain. Tapi inti dari metode ini adalah mengutamakan kebutuhan fisik dan emosi Si Kecil.

 

Menyapih bayi tidak memiliki patokan. Berapa lama Moms hendak menyusui Si Kecil adalah keputusan Moms sendiri. Let’s grow with love!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *