menanamkan nasionalisme anak
Ayah, Balita, Bayi, Ibu

HUT RI Ke-75, Ini 6 Tips Tanamkan Nasionalisme Si Kecil

Setelah HUT RI yang ke-75, menanamkan nasionalisme kepada Si Kecil dapat terus dilakukan bahkan sejak dini, Harapannya tentu agar Si Kecil dapat mencintai negara kita Indonesia serta menjadi anak yang bermanfaat bagi bangsanya sendiri. Tak hanya di bulan Agustus loh.

Ada banyak manfaat menanamkan nasionalisme pada Si Kecil, Moms. Dengan menanamkan nasionalisme, Si Kecil dapat memiliki kesadaran keanggotaan Si Kecil dalam bernegara. Hal tersebut bisa ditunjukkan dengan menghormati pahlawan-pahlawan di era kemerdekaan hingga sekarang.

Bagaimana cara menanamkan nasionalisme pada Si Kecil? Simak yuk!

  1. Mendongengkan sejarah Indonesia

Tidak perlu mendetil, Moms. Cukup jelaskan sedikit dan sederhana makna kemerdekaan. Konsep kemerdekaan cukup rumit untuk dipahami Si Kecil karenanya cukup jelaskan sejarah melalui buku cerita. Misalnya perjuangan Cut Nyak Dien, Pattimura, atau Pangeran Diponegoro.

Dengan mendengarkan cerita, Si Kecil memiliki pengetahuan baru soal budaya selain di masa ia tumbuh. Ia juga dapat belajar berempati dan berpikir secara kronologis.

  1. Ajak buat turut serta dalam perlombaan

Menurut sejarawan JJ Rizal yang dikutip oleh Kompas, tidak diketahui secara pasti siapa tokoh yang mengenalkan dan mengawali lomba-lomba pada acara perayaan HUT RI. Lomba yang sudah seperti tradisi ini dicomot dari masa penjajahan Belanda dan penajajahan Jepang dengan variasi lomba baru. Perlombaan dalam momen perayaan sejatihnya adalah persambungan dari masa sebelum merdeka yang diperkaya dengan isi baru.

Karenanya ajak Si Kecil berlomba bersama teman sebayanya. Selain membuatnya mengeksplorasi dunia sekitar, Moms juga bisa menanamkan nasionalisme dengan mengenang momen bersejarah dengan perayaan yang menimbulkan kegembiraan.

  1. Ajak Si Kecil bernyanyi lagu-lagu nasional

Lagu-lagu perjuangan memiliki nada yang cenderung mudah dihapal atau easy listening. Si Kecil akan lebih mudah mengingat nadanya. Selain itu lagu wajib nasional menggambarkan semangat dan cinta tanah air. Menurut penelitian psikologi (Juslin, 2019), musik dapat memengaruhi emosi.

  1. Memperkenalkannya pada keanekaragaman budaya Indonesia

Indonesia memang punya banyak sekali budaya. Tapi Moms bisa memperkenalkannya budaya daerah Moms dan Dads sendiri terlebih dahulu. Ada banyak yang bisa diperkenalkan seperti lagu, bahasa, baju khas, makanan, hingga cerita rakyat. Akan lebih mudah memperkenalkan pengetahuan yang sudah dimiliki Moms dan Dads sejak kecil loh.

  1. Menggunakan produk dalam negeri

Konsep cinta tanah air mungkin masih terlalu rumit buat Si Kecil, tapi Moms bisa memperkenalkan bahwa beberapa objek di sekitarnya dibuat oleh pembuat setempat. Misalnya menggunakan batik. Lewat batik, Moms bisa menceritakan ada ibu pengrajin yang membatik hati-hati dan indah.

  1. Memperkenalkan permainan tradisional

Bermain permainan tradisional bisa sangat mengasyikan loh, Bun. Permainan khas seperti congklak, ular naga panjang, bola bekel, sampai gasing dapat menambah pengetahuannya serta mengasah sensor motoriknya. Sekarang banyak tempat wisata yang memfasilitasi permainan-permainan tradisional. Moms bisa mengajak Si Kecil bermain sambil belajar. Seru kan!

 

Semoga tips menanamkan nasionalisme pada Si Kecil di HUT RI ke-75 dapat bermanfaat ya, Moms!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *