gendongan sesuai usia
Balita, Bayi, Ibu

Moms, Ini Jenis-Jenis Gendongan Sesuai Usia Bayi

Popularitas menggendong anak dengan gendongan sudah menyebar di berbagai belahan dunia sampai kini gendongan memiliki banyak jenis. Banyaknya jenis ini kadang membingungkan Moms. Karena berbeda gendongan yang bisa dipakai bayi usia 3 bulan dengan bayi yang usia 6 bulan. Simak yuk tips menentukan gendongan sesuai usia bayi!

Setiap Si Kecil rewel, Moms pasti segera menggendongnya. Menggendong enggak cuma membuat Si Kecil tenang tapi bermanfaat buat tumbuh kembangnya. Bahkan menurut beberapa penelitian, menggendong bayi bisa membantu perkembangan otak dan tubuh Si Kecil yang lebih baik.

Artinya semakin sering menggendong maka semakin banyak manfaat yang bisa Moms berikan kepada Si Kecil. Untuk memudahkan Moms menggendong Si Kecil, sejak dahulu Moms Indonesia sudah menggunakan gendongan selendang.

Baca yuk Moms Sejarah Budaya Menggendong Bayi di sini.

Jenis-Jenis Gendongan Bayi

  1. Pouch Sling

Gendongan ini memiliki bentuk kantong kain. Jika melihat gendongan ini, Moms akan teringat dengan gendongan tradisional dari selendang. Namun gendongan ini dijahit diujungnya sehingga lebih praktis. Gendongan ini dapat dipakai oleh Si Kecil baru lahir dan memudahkan Moms untuk menyusui.

Kelebihan dari gendongan jenis pouch sling adalah:

  • Memiliki berbagai ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan ukuran tubuh Moms supaya lebih nyaman ketika menggendong Si Kecil. Seperti Gendongan Kaos Geos 2 Fungsi.
  • Gendongan jenis ini tidak memakan banyak tempat ketika hendak dibawa
  • Mudah digunakan dan dilepaskan
  1. Baby Sling

Baby Sling biasanya berbahan dasar kain katun. Gendongan jenis ini juga selain memudahkan proses menyusui juga membuat bayi tetap hangat ketika berada dalam dekapan Moms.

Kelebihan dari gendongan jenis ini adalah:

  • Memiliki beberapa ukuran sehingga dapat disesuaikan dengan penggendong.
  • Mudah dilepas dan digunakan. Dialogue Baby Gendongan Samping Prime Series misalnya yang dilengkapi dengan ring ukuran besar untuk memudahkan memakai dan melepas gendongan.
  • Beberapa jenis gendongan baby sling cocok digunakan untuk bayi yang berusia 0-2 bulan atau bayi yang berat tubuhnya 4,5-6,8kg.3. Strechy Wrap

Gendongan jenis ini terbuat dari kain yang dapat melar. Karena bahannya ini jugalah streschy wrap dapat digunakan untuk menggendong bayi baru lahir atau bayi yang masih kecil namun tetap aman digunakan.

Dialogue Gendongan Baby Wrap M Shape menggunakan bahan utama kaos katun bambu yang tidak mudah panas dan anti bakteri. Gendongan ini juga mendukung metode menggendong M-Shaped. M-Shaped adalah posisi natural dan posisi paling nyaman yang mendukung pertumbuhan Si Kecil.

  1. Soft Structured Carrier atau SSC

Gendongan favorit kebanyakan Moms adalah SSC. SSC jenis ini dinilai praktis karena dapat dipasang dengan mudah. Selain itu, gendongan jenis ini memenuhi unsur TICKS (Tight, In view at all times, Close enough to kiss, Keep chin off the chest, Supporte back), unsur yang disarankan banyak babywear consultant agar dapat dapat dipenuhi serta mendukung tumbuh kembang Si Kecil.

SSC juga merupakan gendongan yang mensupport metode M-Shape atau posisi Si Kecil menumpu pada bagian bokong dengan kaki terbuka.

Kelebihan dari gendongan jenis ini adalah:

  • Tidak membuat Moms pegal karena memiliki 2 tali yang menahan berat bayi saat digendong. Ikatan di pinggang pun membuat beban Si Kecil bisa turun ke area punggung dan tak hanya di area pundah.
  • Tangan Moms yang leluasa bergerak
  • Bonding dengan Si Kecil meningkat karena posisi menggendong membuat Moms mendekap Si Kecil
  • Memudahkan dalam beraktivitas
  • Sangat cocok untuk bepergian

Dialogue Baby Gendongan Ransel 4 Posisi Classy Series merupakan contoh salah satu gendongan SSC. Seperti yang disarankan, gendongan ini memenuhi unsur TICKS dan support metode M-Shape. Selain itu bahan yang digunakan juga bahan berkualitas sehingga tidak membuat Si Kecil dan Moms panas. Tempat tumpuan bayi dirancang agar nyaman untuk Si Kecil dengan menggunakan bahan busa berkualitas yang empuk.

  1. Gendongan Hipseat

Gendongan hipseat mirip dengan gendongan ransel. Perbedaannya terletak pada dudukan di pinggang yang dipasang pada bagian tubuh supaya bayi bisa digendong atau diposisikan pada posisi pinggul. Karenanya gendongan jenis ini dapat digunakan untuk bayi yang udah berusia 6 bulan atau ketika sudah dapat duduk sendiri dan kepalanya tegak.

Beberapa produk hipseat bisa berfungsi sebagai gendongan ransel dan gendonga hipseat. Seperti Dialogue Baby Splendid Series. Hipseat jenis double fungsi Dialogue Baby ini memiliki tali penyangga yang kuat. Gendongan dan hipseatnya disambung dengan resleting sehingga mudah dipakai.

Selain itu, dudukan pinggangnya dapat digunakan untuk menimang Si Kecil atau difungsikan seperti bantal bayi. Wah banyak fungsinya ya!

 

Nah, Moms memiliki gendongan bisa jadi investasi alias investasi buat tumbuh kembang Si Kecil. Selain memudahkan Moms beraktivitas sambil menggendong Si Kecil di rumah, gendongan juga sangat praktis dipakai ketika bepergian saat mengajak Si Kecil jalan-jalan. Moms bisa memilih gendongan sesuai usia bayi atau sesuai dengan kebutuhan keluarga Moms!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *