daftar perlengkapan bayi keluar rumah sakit
Ayah, Bayi, Ibu, Kehamilan

Daftar Perlengkapan Ibu dan Bayi Menjelang Persalinan

Menyambut kelahiran Si Kecil untuk yang pertama kali kerap membuat calon Moms bingung, nih. Kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan? Perlengkapan bayi apa yang harus dibawa setelah menjelang persalinan? Biasanya rumah sakit khusus bersalin punya fasilitas yang menyediakan barang-barang keperluan Moms. Namun tetap Moms harus bersiap-siap dalam segala kondisi.

Moms sebaiknya mempersiapkan barang-barang yang akan dibawa ke rumah sakit ketika bersalin saat usia kehamilan masuk ke bulan 8. Barang-barang ini dimasukkan ke dalam tas besar dan tinggal dibawa apabila terjadi kondisi tak terduga seperti ketuban pecah sebelum waktunya atau hal lainnya. Sehingga ketika terjadi keadaan-keadaan tersebut, Moms sudah siap ke rumah sakit dengan perlengkapan yang tinggal dibawa dalam satu tas besar tadi.

Berikut daftar perlengkapan ibu dan bayi baru lahir menjelang persalinan:

Daftar Barang Moms Yang Harus Dibawa Menjelang Persalinan

  1. Baju dengan kancing depan dan baju untuk pulang dari rumah sakit. Baju kancing depan cocok untuk segala situasi dan Moms bisa menyusui tanpa repot-repot
  2. Peralatan mandi secukupnya untuk pergi. Moms juga tetap bisa membawa kosmetik
  3. Gurita yang fungsinya nanti untuk menopang perut Moms yang “kosong” setelah proses persalinan.
  4. Baju dalam dan bra menyusui
  5. Breast pad
  6. Pembalut wanita ukuran besar atau pembalut bersalin
  7. Handphone dan charger
  8. Dokumen pribadi
  9. Uang tunai
  10. Buku kehamilan. Buku kehamilan penting untuk mengetahui kondisi Moms jika sewaktu-waktu Moms terpaksa pergi ke rumah sakit lain.

 

Sedangkan daftar perlengkapan bayi saat keluar dar rumah sakit adalah sebagai berikut:

Daftar Barang Si Kecil Untuk Disiapkan Menjelang Persalinannya

  1. Popok

Untuk popok Si Kecil, Moms bisa membawa popok sekali pakai untuk ukuran bayi baru lahir (newborn). Beberapa rumah sakit menyediakan popok ini jadi Moms bisa pastikan dulu apakah perlu membawa sendiri atau tidak.

  1. Pakaian bayi

Sebelum Si Kecil lahir, pasti Moms sudah banyak lihat-lihat perlengkapan yang satu ini. Dialogue Baby juga punya produk pakaian bayi untuk bayi baru lahir, nih. Namanya Baby Bodysuit Printed Long Sleeve Dialogue Baby.

  1. Selimut

Setelah keluar dari rumah sakit, selimut jadi barang yang penting karena Si Kecil masih beradaptasi dengan suhu sekitar. Karenanya Moms harus menjaga Si Kecil tetap hangat agar ia merasa nyaman. Dialogue Selimut Bayi Saku Cute Series bisa jadi pilihan, loh!  Lapisannya dalamnya menggunakan bahan kaos sehingga lebih lembut serta tidak membuatnya tak nyaman karena keringat.

  1. Bedong

Selain selimut, bedong juga membuat Si Kecil tetap hangat ketika ia masih butuh adaptasi dengan suhu sekitar. Bedong akan memberikan rasa hangat yang mirip dengan rasa ketika Si Kecil berada di dalam perut Moms.

  1. Topi, sarung tangan, dan kaus kaki bayi

Fungsinya sama seperti bedong, yakni menjaga Si Kecil tetap hangat dan nyaman.

  1. Botol susu ukuran kecil

ASI bisa saja banyak keluar sejak Si Kecil lahir. Untuk itu, Moms bisa mewadahi ASI dengan botol susu tersebut apabila Si Kecil sudah kenyang.

 

Perlengkapan lainnya seperti perlak dan alat mandi biasanya sudah difasilitias di rumah sakit bersalin. Namun Moms tetap bisa memastikannya, ya! Karena cukup banyak yang harus dibawa, Moms bisa pakai Tas Besar 5 in 1 Set Prime Series. Selain memiliki banyak kompartemen, Tas dari Prime Series ini juga memiliki changing mat dan tempat botol susu yang dilapisi alumunium foil.

daftar perlengkapan bayi keluar rumah sakitSelamat menyambut kelahiran Si Kecil, Moms!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *