cara menidurkan bayi
Bayi, Ibu

Cara Menidurkan Bayi yang Harus Moms Pahami

Si Kecil yang masih bayi belum memiliki pola tidur yang tetap. Karena perkembangan Si Kecil belum bisa membedakan antara siang dan malam. Cara menidurkan bayi mesti tepat agar Moms tak kelelahan bila Si Kecil kerap terbangun di malam hari.

Cara Menidurkan Bayi

Berikut merupakan cara menidurkan bayi yang dapat Moms lakukan:

  1. Atur suhu ruangan

Seperti halnya Moms dan Dads, Si Kecil tidak bias tidur di ruangan yang suhunya terlalu panas atau terlalu dingin. Atur suhu kamar senyaman mungkin disesuaikan dengan kondisi cuaca. Umumnya, suhu kamar bayi yang ideal adalah 21 hingga 22 derajat Celcius.

Si Kecil bias tampak berkeringat jika ia kepanasan. Segera tambahkan kain untuk menyerap keringatnya.

  1. Memijat Si Kecil

Salah satu cara menidurkan Si Kecil yang masih bayi adalah dengan memijatnya lembut. Pijat di bagian lengan, kaki, dan perutnya sebelum ia tidur. Tak perlu lama kok Moms, cukup 15 menit saja. Oleskan baby oil atau lotion bayi yang memiliki aroma menenangkan seperti lavender.

  1. Memakaikan Si Kecil pakaian yang nyaman

Pakaikan baju berbahan nyaman seperti katun. Moms bias memilih Dialogue Baby Sleepsuit dengan bahan berkualitas dengan standar OEKO-TEX dan lembut yang nyaman untuk bayi. Dengan kondisi nyaman, Si Kecil dapat tidur lebih cepat. Pakaikan juga popok yang mudah menyerap cairan atau popok malam agar ketika Si Kecil pipis, ia tidak akan merasa terganggu dan terbangun.cara menidurkan bayi

  1. Memastikan posisi tidurnya aman

Bayi memiliki sinyal atau tanda ketika ia mengantuk seperti menguap, menggosok mata, bahkan memejamkan mata. Segera bawa Si Kecil ke tempat tidur ya, Moms. Jangan melakukan kontak mata dengannya ya Moms. Si Kecil akan terbangun kembali untuk berinteraksi dengan Moms.

Posisikan punggungnya menyentuh kasur atau dalam posisi telentang. Jangan biarkan Si Kecil tengkurap karena bisa membahayakannya.

  1. Hindari mengayun bayi

Menggendong Si Kecil tentu saja boleh Moms untuk menangkannya. Namun saat Si Kecil sudah berumur 5-6 bulan, hindari menidurkannya dengan cara menggendong atau mengayun. Cukup baringkan Si Kecil di tempat tidur.

  1. Meredupkan cahaya kamar

Matikan lampu utama dan nyalakan lampu redup ya, Moms. Bertahap hingga Si Kecil bisa tidur dengan lampu dimatikan. Pasalnya Si Kecil yang masih bayi akan refleks dan terstimulasi lewat matanya jika keadaan gelap.

 

 

Rutinitas ini bisa dilakukan Moms secara konsisten agar Si Kecil terbiasa. Jadi Moms bisa cukup tidur, dan Si Kecil juga bisa membedakan mana jam tidur dan mana jam untuk bermain.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *