tips ajak anak jalan dan main
Ayah, Balita, Bayi, Ibu

Jalan-Jalan Dengan Anak Penting Untuk Tumbuh Kembang Si Kecil

Selama masa pandemi, ada aktivitas yang dibatasi termasuk jalan-jalan. Padahal jalan-jalan dengan anak punya banyak manfaat untuk tumbuh kembangnya. Ada beberapa alasan mengapa Moms dan Dads harus jalan-jalan dengan Si Kecil. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, hand sanitizer, dan menjaga jarak serta durasi selama di luar.

Jalan-jalan dengan anak dan bermain bersama mereka di luar dinilai penting untuk anak usia dini.  Dikutip dari Porto Biomedical Journal, waktu bermain di luar berkontribusi dalam perkembangan kognitif, fisik, sosial, dan kesehatan emosional lewat pengalaman menjelajah dunia luar dan belajar.

Simak alasan-alasan pentingnya mengajak anak jalan-jalan yuk!

  1. Baik untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Alasan Moms dan Dads harus mengajak Si Kecil jalan-jalan adalah membantu perkembangan otak Si Kecil. Menurut ahli syaraf Audrey van der Meer, neuron dalam otak Si Kecil sedang terkoneksi (sync-in) sehingga memungkinkan Si Kecil belajar banyak hal. Karenanya dibutuhkan bantuan stimulasi dari Moms dan Dads dengan mengajaknya bermain dan menjelajah banyak hal baru.

  1. Meningkatkan Konsentrasi Anak

Penelitian menunjukkan adanya pengingkatan perhatian serta konsentrasi anak setelah berada di alam bebas selama 20 menit awal. Karenanya Moms dan Dads pasti sering banget lihat rekomendasi tempat wisata untuk anak yang punya tempat terbuka yang luas.

  1. Bermain sambil Belajar Lewat Pengalaman

Jalan-jalan dengan anak memberikan pengalaman langsung dengan dunia nyata. Saat ke kebun binatang misalnya, Si Kecil dapat melihat harimau atau gajah yang asli setelah ia belajar berbagai satwa di rumah. Budaya dan etika di tempat wisata pun berbeda dengan di rumah. Si Kecil tentu akan belajar beradaptasi dan mengenal hal baru.

 

Tips Aman Untuk Si Kecil Saat Jalan-Jalan dan Bermain Di Luar Saat Pandemi

Kerentanan anak pada penularan Covid-19 cukup tinggi. Karenanya Moms dan Dads sebagai orangtua mesti lebih waspada saat mengajak Si Kecil jalan-jalan. Apa saja yang harus dilakukan?

  1. Selalu menggunakan masker

Kini tersedia banyak masker khusus anak-anak yang didesain dengan bahan yang tidak membuatnya kepanasan. Meski Si Kecil kadang merasa risih saat menggunakan masker, penting untuk Moms dan Dads memberinya pemahaman bahwa masker adalah pelindung agar ia tetap sehat.

  1. Lengkapi perlindungan dengan faceshield

Jika perlu, Moms bisa memberi Si Kecil faceshield untuk anak-anak. Saat Si Kecil menggunakan face shield, pastikan selalu dilengkapi dengan penggunaan masker untuk perlindungan optimal. Pemakaian faceshield saja tidak dapat melindungi dari partikel kecil di udara karena punya banyak daerah terbuka seperti di bawah dagu yang dekat dengan mulut. Pilih pula faceshield yang punya bahan jernih dan tidak mudah tergores.

  1. Jangan ajak Si Kecil ke mall atau pusat perbelanjaan

Virus Covid-19 menyebar dengan cepat dalam ruangan tertutup apalagi yang memiliki AC sentral karena droplet dapat tersebar saat udara berputar. Hingga kini, beberapa pusat perbelanjaan melarang anak kecil untuk masuk dan hanya dipersilakan menunggu di luar. Jika memang harus membawa Si Kecil ke mall, tingkatkan pengawasan agar Si Kecil tidak berdekatan dengan orang yang batuk atau bersin. Ia juga tidak boleh sembarangan memegang benda serta bersentuhan dengan orang lainnya.

 

Nah, mengajak Si Kecil jalan-jalan dan bermain di luar sangat penting untuk pertumbuhannya. Namun selalu meningkatkan kewaspadaan juga ya Moms di masa pandemi ini. Let’s grow with love!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *