10 Fakta Menarik Mengenai Bayi Baru Lahir

  • Post by: Eka W
  • Diterbitkan : 14 Nov 2017

10 fakta bayi baru lahir ini perlu diketahui oleh mom’s & dad’s terutama yang baru pertama memiliki momongan. Agar tidak kaget karena ada beberapa kondisi ganjil yang terjadi pada buah hati, namun hal tersebut normal saja dan tidak perlu di khawatirkan. Berikut fakta penting tersebut yang kami lansir dari situs health.detik.com

  • Menangis Tanpa Air Mata

Bayi baru lahir tidak memproduksi air mata hingga berusia beberapa minggu. Hal ini terjadi lantaran kelenjar air matanya belum benar-benar berkembang dengan sempurna. Setelah berumur sekitar 2-3 bulan barulah bayi menangis dengan disertai linangan air mata. Sebab di usia itu produksi air mata bayi semakin meningkat.

  • Punya Tanda Lahir

Umumnya setiap bayi baru lahir memiliki minimal satu tanda lahir. Biasanya tanda lahir ini akan menghilang dengan sendirinya saat anak berusia tiga tahun. Namun beberapa tanda lahir akan menetap, bahkan melebar. Hal tersebut disebabkan adanya pembuluh darah halus di bawah kulit.

  • Berhenti Napas Beberapa Detik

Bayi baru lahir kerap kali berhenti bernapas atau ada jeda pengambilan napas selama beberapa detik. Kondisi ini disebut periodic breathing atau napas periodik. Meski demikian tidak ada perubahan irama jantung dan tidak sampai membuat bibir bayi membiru akibat penurunan konsentrasi oksigen. Periodic breathing umumnya menghilang saat bayi berusia 2 bulan.

  • Punya Tulang Lebih Banyak dari Orang Dewasa

Saat lahir, jumlah tulang bayi berjumlah 350. Tapi seiring bertambahnya usia, jumlah tulang berkurang menjadi 206 lantaran beberapa tulang telah menyatu.

  • Bisa Menelan dan Bernapas Hampir Bersamaan

Ketika manusia beranjak dewasa, laring bergerak ke posisi lebih rendah dibanding ketika masih bayi. Hal tersebut menjadikan celah yang cukup besar antara mulut dan laring bagian atas. Karenanya ketika dewasa menelan sambil bernapas merupakan hal yang sulit dilakukan. Padahal ketika bayi, manusia benapas dan menelan dengan waktu yang sangat cepat sehingga bisa dilakukan hampir bersamaan di satu waktu.

  • Selalu Ingin Tidur

Menurut profesor pediatri di Indiana School of Medicine, Indianapolis, William A Engle, selama beberapa minggu pertama hidupnya bayi akan tidur 18-22 jam sehari. Bayi akan tidur lama di siang hari tapi pukul tiga pagi si kecil sering kali sudah terjaga.

  • Kaki berbentuk “O”

dr Yoyos Dias Ismiarto, SpOT(K), staf Departemen Orthopaedi dan Traumatologi RS Hasan Sadikin Bandung menjelaskan kaki bayi saat lahir berbentuk menyerupai huruf ‘O’. Ini dikarenakan saat di rahim ibu, bayi berada dalam posisi meringkuk. Posisi meringkuk ini merupakan bagian adaptasi janin pada rahim ibu yang sempit agar terasa nyaman. Lama-kelamaan tulang kaki bayi akan lurus dengan sendirinya saat berusia 1-2 tahun.

  • Tersenyum saat tidur

Pamela Garcy, PhD, seorang psikolog klinis di Dallas, AS, mengungkapkan bahwa selama fase tidur rapid eye movement (REM), tubuh bayi mengalami perubahan fisiologis yang mengaktifkan refleks tertentu. Salah satunya adalah senyum. Senyum bayi di masa-masa awal hidupnya adalah reaksi fisik dan bukan tanda emosional. Refleks lain yang mungkin muncul saat tidur adalah refleks terkejut, di mana biasanya kedua tangan bayi akan terangkat, ataupun refleks mengisap.

  • Tidak punya tempurung lutut

Bayi baru lahir tidak mempunyai tempurung lutut. Dia hanya mempunyai kartilago tulang pada lututnya sebelum akhirnya tulang tempurung lututnya benar-benar muncul di usia 6 bulan

  • Akan kehilangan rambut

Saat lahir, seluruh kulit tubuh bayi ditumbuhi rambut-rambut halus. Rambut tersebut dinamakan lanugo. Nah, rambut-rambut ini akan rontok secara perlahan, sehingga sering kali tidak disadari. Lanugo akan benar-benar menghilang tidak lama kemudian.

Itulah 10 fakta bayi baru lahir yang harus mom’s & dad’s ketahui. Dengan fakta tersebut kini tidak perlu khawatir jika memang ada beberapa kondisi yang sama seperti pada 10 point tersebut saat buah hati dilahirkan.