Tanda tanda gigi bayi akan tumbuh

  • Post by: Dialogue Baby
  • Diterbitkan : 25 Mei 2016

Ayah dan Bunda, kali ini Dialogue Baby ingin berbagi info seputar tumbuh kembang bayi, khususnya Gigi. Nah ini beberapa tanda tanda Gigi Baby anda akan tumbuh :

  1. Mengeluarkan air liur

    Pertumbuhan gigi bisa merangsang pengeluaran air liur. Kondisi ini biasa dialami oleh bayi usia 10 minggu sampai usia 3 atau 4 bulan.

  2. Ruam di dagu atau wajah

    Pengeluaran air liur yang sangat banyak selama masa pertumbuhan gigi ini memicu munculnya ruam kulit yang kering di sekitar area mulut, dagu, terkadang di leher. Untuk mengurangi ruam sebaiknya rajin-rajinlah mengusap air liur bayi dengan sapu tangan dan jika perlu gunakan pula krim kulit khusus bayi.

  3. Batuk

    Air liur yang terlalu banyak juga bisa membuat bayi tersedak dan batuk. Bila anak batuk-batuk tanpa disertai gejala flu, pilek, maupun alergi mungkin bisa jadi ini pertanda bahwa anak Anda akan tumbuh gigi.

  4. Bayi Sering Menggigit

    Tekanan gigi yang akan keluar melalui gusi biasanya mengakibatkan bayi sering menggigit sesuatu. Bayi akan melampiaskan rasa tidak nyaman di gusinya dengan menggigit mainan, jari, atau puting susu ibu saat sedang menyusui.

  5. Rasa sakit

    Pada beberapa bayi peradangan pada jaringan lunak di gusi dapat mengakibatkan munculnya rasa sakit. Gigi pertama biasanya menimbulkan rasa sakit sekali. Meski begitu, bayi akan mulai terbiasa dengan rasa sakit sehingga mereka tak lagi menghiraukannya.

  6. Rewel

    Rasa sakit yang ditimbulkan saat gigi menekan gusi bisa membuat bayi menjadi rewel. Mungkin bayi hanya akan rewel beberapa jam tapi ada juga bayi yang akan terus rewel hingga beberapa hari bahkan minggu.

  7. Tidak nafsu makan

    Mulut bayi yang terasa sakit dan tidak nyaman membuat mereka menjadi kurang nafsu makan. Bahkan menghisap susu saja dapat membuat gusi sakit. Oleh karena itu, bayi akan menolak bila diberi makanan padat atau susu saat giginya mulai tumbuh.

  8. Demam ringan

    Saat gigi tumbuh, kekebalan tubuh akan menurun dan bayi lebih mudah terinfeksi. Demam ringan biasanya disebabkan peradangan pada gusi. Jika demam tidak reda dalam 3 hari, segera hubungi dokter.

  9. Kesulitan tidur di malam hari

    Rasa nyeri saat tumbuh gigi akan berlangsung sampai anak akan tidur di malam hari. Hal ini akan membuat bayi menjadi kesulitan untuk tidur. Bila anak sulit tidur di malam hari sebaiknya jangan diatasi dengan menyusui sebab malah akan membuat gusi bayi makin sakit dan mengganggu tidur.

  10. Pendarahan di bawah gusi

    Pertumbuhan gigi bisa memicu perdarahan di bawah gusi yang terlihat seperti benjolan kebiruan. Untuk mengatasinya Anda bisa mengompres dengan air dingin.

 

Sumber: ibudanbalita.com