4 Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak

  • Post by: Dialogue Baby
  • Diterbitkan : 26 Mei 2016

Ada 4 pola asuh orang tua terhadap pendidikan anak yang diterapkan kepada si buah hati, berdasarkan atrikel yang dibuat oleh buletinsehat.com.

Pola asuh tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sesuai dengan sistem pola pengasuhan orang tua. Lantas, apa saja 4 pola asuh orang tua terhadap pendidikan anak yang mungkin diterapkan kepada buah hatinya?

Berikut ini adalah pola asuh yang diterapkan oleh orang tua terhadap anak.

1. Pola asuh penelantar.
Pola asuh penelantar sering dilakukan oleh orang tua yang terlalu sibuk bekerja mengejar materi. Namun anak tidak memperoleh materi, kasih sayang dan perhatian yang cukup dari orang tua. Orang tua terlalu pelit dan membatasi kebutuhan anak. Pola asuh penelantar ini juga diperoleh dari orang tua yang memiliki gangguan jiwa seperti depresi.

2. Pola asuh otoriter.
Pola asuh otoriter dilakukan dengan cara memaksa anak melakukan seperti yang diinginkan orang tua. Anak sering memperoleh pemaksaan dan ancaman apabila tidak mau menuruti kemauan orang tua. Hubungan orang tua dan anak berjalan dalam satu arah dan tidak mengenal kompromi.

3. Pola asuh permisif.
Pola asuh permisif ini terlalu longgar memberikan pengawasan kepada anak-anaknya dan cenderung memberikan kemanjaan. Ketika anak melakukan sesuatu orang tua tidak memberikan larangan. Namun tipe pola asuh ini disukai oleh anak-anak karena orang tua memberikan kehangatan.

4. Pola asuh demokratis.
Pola asuh demokratis merupakan pola asuh yang sangat ideal untuk mendidik anak. Orang tua memberikan prioritas yang pertama untuk kepentingan dan kebutuhan buah hatinya. Pola asuh ini berdasarkan pemikiran yang sangat matang dan tidak terlalu menuntut anak namun membimbing anak sesuai dengan kemampuan anak. Orang tua tipe ini sangat hangat di dalam mengasuh buah hatinya.